Sangat Penting!!! Untuk Wanita Yang Mengalami Diabetes Saat Hamil

Sangat Penting!!! Untuk Wanita Yang Mengalami Diabetes Saat Hamil


087875905303 Pemesanan Buku Tips Cepat Hamil. Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya saat ini, berbahaya bukan saja karena belum ada obat yang dapat menyembuhkannya tetapi juga karena siapa pun bisa terkena tanpa memandang usia dan status sosial.
Bahkan diabetes pun bisa menyerang ibu yang sedang hamil, walaupun penyakit diabetes tersebut hanya muncul di masa kehamilan. Setelah melahirkan maka kadar gula darah yang digunakan sebagai indikator seseorang terkena diabetes atau tidak akan kembali normal atau tidak terkena diabetes.

Diabetes jenis ini disebut diabetes mellitus gestasional (DMG), pada diabetes jenis ini kadar gula darah akan meningkat pada saat kehamilan dan kembali normal setelah kehamilan.

Menurut dr Mangatas Manalu SpPD dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ada beberapa faktor resiko yang harus di hadapi penderita DMG, seperti:

  • Obesitas.
  • Terdapat riwayat pernah mengalami DMG.
  • Glukosuria (glukosa dalam urine).
  • Terdapat riwayat keluarga dengan diabetes.
  • Terdapat riwayat abortus berulang.
  • Terdapat riwayat melahirkan dengan bayi cacat bawaan atau bayi dengan berat lebih dari 4000 gram.
  • Terdapat riwayat preeclampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi, kaki bengkak, dan terdapat protein dalam urine.

Oleh karena itu untuk ibu hamil penderita DMG, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) yang merupakan wadah para dokter penyakit dalam,  memberikan beberapa pedoman.

Pedoman tersebut adalah:

Pertama, adanya tes untuk diabetes tipe 2 pada wanita yang sedang hamil yang terdiagnosa saat kunjungan apantenatal (pemeriksaan kehamilan) pertama ke dokter spesialis kandungan, terutama bagi mereka yang memiliki resiko diabetes dengan menggunakan standar kriteria diagnostic umum.

Kedua, adanya pemeriksaan kembali uji diabetes pada saat kehamilan berusia 24-28 minggu untuk semua wanita yang sedang hamil baik yang sebelumnya tidak diketahui atau tidak memiliki riwayat diabetes atau diabetes pada kehamilan.

Ketiga, untuk wanita dengan DMG perlu dilakukan skrining tes untuk memastikan kemungkinan adanya diabetes persisten (diabetes menetap) atau tidak pada usia kehamilan 6-12 minggu setelah melahirkan.

Dengan demikian terdapat kemungkinan terjangkitnya diabetes baik pada ibu maupun bayi dapat di dektesi lebih awal dan tentu saja ada pencegahan yang lebih baik.


Bila anda ingin segera memiliki buah hati, setelah sekian waktu menunggu atau ingin secepatnya memiliki momongan. Buku Tips Cepat Hamil ini, bisa menjadi salah satu solusinya. Untuk mengetahui apa saja yang ada dapatkan dengan membeli buku ini, silahkan kunjungi halaman produk dan untuk memesan dapat mengunjungi halaman cara pemesanan.  

Untuk Pemesanan Klik Disini